Monday, June 13, 2016

MANFAAT MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK

Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak – Apakah Anda hobi membaca buku ? Jika iya, selamat, berarti Anda termasuk orang-orang yang beruntung memiliki hobi tersebut. Kenapa? Karena ternyata membaca memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal.
Selain menambah wawasan, membaca buku juga mampu membuat otak selalu aktif setiap waktu. Tidak peduli apapun jenis bacaan Anda, seperti novel, surat kabar, majalah atau ensiklopedia.

Manfaat membaca buku juga mampu memberikan hiburan dan sarana refreshing bagi sebagian orang.
Namun di jaman yang serba canggih ini, kebiasaan membaca buku sepertinya sudah mulai berkurang, terutama di masyarakat kita. Orang-orang mulai sibuk dengan gadget mereka sendiri.

Nah, bagi Anda yang mungkin merasa malas-malasan untuk membaca buku, sebaiknya pikirkan lagi. Cobalah meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan Anda. Karena dengan membaca buku, akan memberikan Anda banyak sekali manfaat. Terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

Manfaat apa saja yang Anda dapat dari membaca buku, terutama untuk otak Anda?



inilah 12 Manfaat Pentingnya Membaca Buku

1. Menjaga Keremajaan Otak


Sebuah studi terbaru dari Rush University Medical Center mengungkapkan, bahwa ‘membenamkan’ diri di dalam buku-buku yang bagus dan berkualitas benar-benar dapat memperpanjang umur pikiran Anda.
Ditegaskan pula bahwa orang dewasa yang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) memiliki kemungkinan 32 % lebih lambat mengalami penurunan kognitif di kemudian hari daripada mereka yang tidak. Yang artinya bahwa mereka lebih rendah kemungkinannya mengalami pikun.

2. Memberikan Kekuatan Bagi Memori


Kebiasaan Anda membaca buku, dapat memacu otak Anda berpikir dan berkosentrasi. Membaca buku memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak Anda bila dibandingkan saat Anda menonton TV atau mendengarkan radio.
Karena pada saat membaca buku, memahami halaman per halamannya, akan mampu meningkatkan kemampuan otak lainnya. Seperti kemampuan berimajinasi, kemampuan bahasa dan pembelajaran asosiatif secara bersamaan.

3. Meningkatkan Kemampuan Analisa Anda


Bagi Anda yang menyukai buku-buku fiksi dan sering membacanya, mungkin pernah mengalami seperti ini. Di saat Anda membacanya, saat Anda mengikuti alur cerita dalam buku tersebut, Anda mulai menebak-nebak akhir ceritanya atau apa yang terjadi selanjutnya. Jika tebakkan Anda tepat, maka kemampuan analisa otak Anda telah benar-benar terasah.
Tidak hanya itu, saat Anda membaca novel fiksi, Anda secara tidak sadar sudah merangsang otak Anda untuk menganalisis masuk akal tidaknya plot atau alur certia di dalam novel yang Anda baca.

4. Memberikan Anda Tambahan Kosakata Baru

Orang-orang yang pandai berbicara dan memiliki banyak sekali kosakata yang dikeluarkan saat berbicara adalah orang-orang yang gemar membaca. Dengan rutin membaca buku, perlahan tapi pasti kosakata yang kita milikipun akan bertambah. Karena di dalam buku yang kita baca, buku apapun, selalu mengandung kosakata yang luas. Apalagi jika buku yang kita baca jumlahnya banyak dan beragam jenisnya.

5. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anda
Membaca buku bermanfaat pula dalam meningkatkan kosentrasi dan fokus Anda. Saat Anda membaca sebuah buku, semua perhatian akan terpusat pada cerita atau isi di dalam buku tersebut. Semua pikiran Anda akan terkonsentrasi pada setiap detail cerita atau isi yang sedang berusaha Anda pahami.
Bisa Anda coba untuk membaca buku selama 15-20 menit sebelum memulai pekerjaan Anda. Anda akan sedikit demi sedikit mulai merasakan Anda lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi dari sebelumnya.

6.Menghilangkan stres


Setelah seharian melakukan rutinitas harian yang melelahkan, tak jarang hal tersebut dapat memicu timbulnya stress. Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%.

Selain relaksasi, dengan membaca buku dapat membawa kedamaian batin serta ketenangan yang sangat besar. Membaca dapat menurunkan tekanan darah serta telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan. Inilah manfaat membaca buku yang banyak orang abaikan, banyak orang beanggapan bahwa membaca buku justru membuat otak terus bekerja dan menimbulkan stres, padahal manfaat membaca buku adalah mengurangi stres.
Ketenangan yang Anda dapatkan dari membaca buku dapat mengurangi tingkat stress atau depresi yang sedang Anda alami. Apalagi jika yang Anda baca adalah buku-buku fiksi, humor, atau buku favorti Anda. Selain itu, buku-buku spiritual dan motivasi juga mampu mengembalikkan semangat Anda.

7.Menjauhkan risiko penyakit


Aktivitas kognitif seperti membaca, merupakan latihan otak yang terbaik untuk mencegah degenerasi kognitif pada otak. Karena di saat membaca, otak akan dirangsang, dan stimulasi (rangsangan) secara teratur mampu membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

8. Melatih untuk Dapat Menulis Dengan Baik

Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca buku, otomatis dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang sebaik atau bahkan bisa lebih baik dari apa yang telah kita baca sebelumnya.

9. Dapat Memperluas Pemikiran Seseorang

Seseorang yang gemar membaca buku telah dilaporkan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak atau kurang gemar membaca. Dengan kegiatan membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang nantinya bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan sesuatu.

10. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial

Kegiatan gemar membaca buku ini juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana ia bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat. Sehingga apabila suatu saat ia berkunjung ke tempat tersebut, ia telah tahu bagaimana cara bersikap untuk menghormati adat serta kebudayaan mereka.

11. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif


Berdasarkan study yang dilakukan oleh Rush University Medical Center menyatakan bahwa Seseorang yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan kreatif atau intelektual seperti membaca mengalami tingkat penurunan kognitif hingga 32% daripada mereka yang tidak membaca dikemudian harinya. Membaca buku dapat membuat otak bekerja lebih efisien yaitu dengan mengubah struktur neuropathologies yang berkaitan dengan usia.

12. Dapat Meningkatkan Empati Seseorang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University mengatakan bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang disekitar kita.



Nah Itulah Pentingnya Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak. Banyak sekali bukan manfaat yang kita dapat dari membaca? Ayo mulai sekarang kita rajin membaca..
Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.